19 Agustus 2010

Membuat server lokal dengan xampp



Beberapa waktu yang lalu saya mencoba membuat server lokal dengan xampp . Terus terang pemahaman saya tentang jaringan masih mula tetapi hasilnya ternyata lumayan dan tidak ribet. Sekarang server saya sudah dapat digunakan untuk pembelajaran menggunakan moodle . OS saya Windows XP dan Vista. Jika Anda Tertarik dan ingin mencoba bisa Anda praktekkan di rumah atau kantor Anda. Berikut Langkahnya :

1.Periksa jaringan komputer Anda ( Jika sudah ada tentunya ). Untuk koneksi ke Komputer anda (Komputer Anda sebagai server dan yang lain sebagai klien ) harus menggunakan IP adress. misalkan 192.168.1.10 . Maka Komputer Anda harus di set pada IP tersebut . Untuk setting IP Anda sudah bisa kan..

2 .Sebelum menginstal xampp, tentu saja harus mendapatkannya terlebih dahulu, anda bisa mendownloadnya gratis pada official website xampp di apachefriends dan silahkan memilih xampp versi instaler stable terahir yang sesuai dengan OS yang anda gunakan, besar file xampp sekitar 50MB yang sudah termasuk PHP. Karena versi instaler pada prosesnya hanya akan mengekstrak file didalamnya kedalam directory yang sudah ditentukan, sangat mudah jadi hanya dengan beberapa kali klik saja semua sudah siap untuk digunakan.

3. Setelah informasi download xampp diberikan diatas, selanjutnya adalah instalasi, installah xampp seperti menginstal program pada umumnya beberapa klik saja sudah jadi,Direktoty xampp bisa C/Apachefriend/xampp atau C/Program file /Apachefriend/xampp

4. setelah proses instalasi cari /masuklah/klik control panel xampp ( xammp control )sesuai dengan direktorinya, dimana melalui control panel ini kita bisa mematikan atau menghidupkan server.yaitu Apace dan MySql ( Klik star pada kedua program tersebut)

5. Untuk mengecek apakah server sudah jalan , anda bisa klik Mozilla atau internet explore. Kemudian ketik alamat URL http://localhost/

6. Jika Anda Berhasil maka akan muncul :

seperti gambar diatas ,Kalo sudah begini berarti selamat , Anda telah bisa membuat server lokal.

7. Jika Anda akan membuka server dari Komputer lain anda tinggal ketik http://192.168.1.10/ ( karena IP komputer server tadi mempunyai IP tersebut )dan anda akan masuk di komputer server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar